Wednesday, December 9, 2009

DeQuervain's Stenosing Tenosynovitis

Apakah itu?


DeQuervain's stenosing tenosynovitis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh iritasi atau peradangan pada tendon pergelangan tangan di pangkal jempol. Peradangan menyebabkan kompartemen di bagian tendon membengkak dan memperbesar, membuat gerakan jempol dan pergelangan tangan sakit.


Bagaimana cara diagnosanya?

Kelembutan langsung di atas tendon di sisi ibu jari pergelangan tangan adalah yang paling sering ditemukan. Sebuah tes umumnya dilakukan di mana pasien membuat tinjuan dengan jari jempol dilipat.



Apa penyebabnya?

Penyebabnya adalah iritasi pada tendon di pangkal ibu jari, biasanya disebabkan oleh kegiatan baru dan berulang ulang.



Apa perawatannya?

Perawatan non-bedah termasuk istirahat jempol dan pergelangan tangan dengan mengenakan alat/besi, obat anti inflamasi dan kortison-tipe steroid dapat disuntikkan ke bagian tendon. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh iritasi dan pembengkakan. Dalam beberapa kasus, hanya menghentikan aktivitas yang berlebihan dapat mengizinkan gejala tersebut untuk pergi sendiri.

Ketika gejala tersebut parah atau tidak membaik, operasi mungkin disarankan. Operasi untuk membuka kompartemen untuk membuat lebih banyak ruang untuk tendon yang meradang, yang memutuskan sebab akibat dari gejala tersebut di mana ruang ketat menyebabkan lebih banyak peradangan.

No comments:

Post a Comment